Jumat, 06 Mei 2016

SEJARAH PONDOK MODERN AL-RIFA’IE-2


    
Sesuai  dengan perkembangan zaman dan perubahan paradigma dimasyarakat akan kebutuhan pendidikan yang bisa mengembangkan keilmuan umum dan agama yang berjalan secara seimbang untuk meraih kesuksesan hidup dinunia dan akhirat, seorang tokoh masyarakat malang yang bernama KH. Ahmad Zamasyary mencoba untuk menjawab tantangan zaman tersebut dengan mendirikan pondok pesantren modern yang terintegrasi dengan pendidikan fomal, setelah membangun gedungnya selama kurang lebih 4 tahun akhirnya secara resmi didirikan dan diresmikan pondok pesantren modern AL-RIFA’IE tepat pada tanggal 9 bulan 9 tahun 1999 jam 9.00 dimana peresmian itu dihadiri sejumlah tokoh dan panglima TNI waktu itu yaitu jendral Wiranto. Begitu dibuka secara resmi pondok pesantren itu langsung mendapat sambutan yang antusias dari berbagai lapisan masyarakat sehingga mereka langsung mendaftarkan putrinya untuk belajar dipesantren tersebut, pada awalnya saja sudah mencapai 600 santri. Sebagai ketua yayasan yang mengelola pondok pesantren Al-Rifaie tersebut adalah putra Beliau sendiri yaitu Gus H.Ahmad Muflih yang saat itu telah menyelesaikan pendidikannya di pondok pesantren Lirboyo kediri.
Sejalan dengan berjalannya waktu pondok pesantren alrifaie mengalami perkembangan yang sangat pesat dan semakin diminati masyarakat dalam menjawab tantangan dan kebutuhan zaman akan perlunya pendidikan baik agama maupun pendidikan fomal. Pada tahun 2012 pendiri dan pengasuh pondok pesantren modern alrifaie (KH.Ahmad Zamasyary) meninggal dunia, sebagai penerus beliau adalah putra beliau gus Ahmad Muflih yang saat itu sudah menyelesaikan tugas kuliahnya di S-2 dan sedang menjalani Kuliah program Doktor S-3 di Universitas Brawijaya Malang, selanjutnya untuk mengembangkan pondok pesantren tersebut beliau KH. Ahmad Muflih mengembang  dan membangun pondok pesantren disebelahnya yang diberi nama pondok modern Alrifaie -2 untuk putra da putri dimana perkembangan pondok modern alrifaie 2 ini juga sangatlah pesat dalam waktu kurang  dari 4 tahun sudah tidak kurang dari 800 santri belajar disana dengan didukung oleh unit2 pendidikan yang ada yaitu SD Modern Alrifaie, SMP Modern alrifaie, SMA modern alrifaie, SMK modern alrifaie dengan 3  kompetensi keahlian yaitu : farmasi, keperawatan dan multi media dan didirikan pula STIE sekolah tinggi ilmu ekonomi widya darma Alrifaie.
Tenaga pendidik yang kompeten dibidangnya serta berpengalaman serta Lokasi yang strategis dan lahan yang sangat luas memungkinkan perkembangan pondok pesantren ini dapat berkembang dengan pesat dan menjadi rujukan pertama masyarakat malang dan sekitarnya untuk menitipkan putra-putrinya untuk belajar di pondok pesantren modern alrifaie 2 ini.

Oleh : Zainuddin


Tidak ada komentar:

Posting Komentar